Rabu, 26 November 2014

orang beriman

Selain itu, sebagai orang yang beriman terhadap sifat-sifat wajib Allah, kita harus memiliki sikap perilaku terpuji, baik terhadap diri sendiri, keluarga, sesama, maupun terhadap alam lingkungan di mana kita tinggal. Sikap dan perilaku terpuji itu merupakan cerminan dari keimanan terhadap sifat-sifat wajib Allah dengan baik dan benar.

Sikap atau perilaku terpuji yang harus kita miliki yang berhubungan dengan iman kepada sifat wajib Allah antara lain sebagai berikut :

Sikap jujur

Jujur merupakan sikap perilaku yang sangat terpuji. Setiap muslim yang beriman kepada Allah SWT. dan segala sifat-sifat-Nya, tentu meyakini bahwa Allah itu ada (wujud), memiliki pendengaran dan penglihatan yang Maha kekal dan abadi. Tak akan ada suatu perbuatan yang tampak dan tersembunyi, yang luput dari penglihatan dan pendengaran Allah SWT. sehingga orang yang beriman tidak akan berdusta, baik dalam ucapan maupun perbuatan. Jadi, apa pun yang dilakukannya selalu mendatangkan kebenaran, dan jauh darisikap dusta dan kebohongan. Sebab di dalam hatinya ada keyakinan bahwa, sebaik-baik menyimpan dusta kepada orang lain, tetap saja Allah SWT. mengetahui dan tidak dapat didustai.

Sikap amanah dan bertanggung jawab

Orang yang beriman dengan baik dan benar kepada sifat-sifat Allah SWT., akan tumbuh dalam jiwanya sikap mental dan perilaku amanah, yakni dapat dipercaya, dan sikap perilaku penuh tanggung jawab atas apa yang menjadi tugas dan kewajibannya.

Sikap amanah dan tanggung jawab ini akan muncul, manakala ia meyakini betul bahwa Allah SWT. itu sangat berbeda dengan makhluk-Nya. Dia Maha Melihat dan Maha Mendengar, meskipun tidak menggunakan mata kepala dan telinga sebagaimana layaknya manusia. Apa pun yang menjadi tugas dan kewajibannya akan dilaksanakan dan dikerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab, jauh dari sikap curang dan dusta.

Sikap rajin menuntut ilmu dan ulet bekerja

Rajin artinya sungguh-sungguh dan ulet artinya pantang menyerah. Sikap ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. dan segala sifat-sifat-Nya. Sebab kekuatan iman kepada Allah dapat mendorong seseorang untuk terus maju dalam meraih kesuksesan hidup. Dorongan itu akan terus bergema sepanjang imannya masih kuat dan stabil, sehingga akan membuatnya menjadi rajin dan tekun, baik dalam belajar maupun bekerja.

Rajin pangkal pandai, dan ulet pangkal sukses. Dalam sejarah umat manusia, tidak ada orang yang pandai dengan bermalas-malasan, dan tidak ada orang yang mendapat kekayaan dengan berpangku tangan. Oleh sebab itu, rajinlah dalam menuntut ilmu dan belajar dan jangan mudah berputus asa, agar kelak tidak menyesal.

1

orang beriman

orang tidak beriman

orang biasa

2

orang orang kristen beriman

orang kristen tidak beriman

orang kristen biasa banget


Tidak ada komentar:

Posting Komentar